Kerajinan Tangan Dari Bahan Alam

Kerajinan Tangan dari Bahan Alam - Kekayaan budaya yang ada di indonesia merupakan salah satu hal yang menyebabkan munculnya keberagaman produk kerajinan nusantara. Bahan - bahan kerajinan dari bahan alam banyak tersedia dan tersebar di seluruh wilayah nusantara. Bahan alam tersebutlah yang dimanfaatkan sebagai salah satu produk kerajinan yang terbuat dari tanah liat, bambu, kayu, logam, batu, serat alam, dan juga binatang.

Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan Tangan dari bahan alam yang terbuat dari berbagai bahan.

1. Kerajinan dari bahan alam dari Tanah

Kerajinan dari tanah liat banyak kita jumpai di Indonesia. Beragam kerajinan bisa dibuat dari tanah liat seperti gerabah, genteng, keramik dan juga jenis kerajinan lain yang dibuat sebagai hiasan ataupun sebagai perabotan rumah tangga. Tanah liat yang mempunyai sifat elastis, plastis sehingga memudahkan untuk dibentuk menjadi berbagai bentuk.

Untuk Proses pembuatannya sebagian besar masih menggunakan cara tradisional yakni masih mengandalkan keterampilan tangan manusia. Beberapa tahap yang luar biasa dilalui untuk membuat kerajinan dari tanah liat dimulai dari persiapan tanah liat. Proses pembentukan, penjemuran, pembakaran, penyempurnaan. Berikut contoh kerajinan dari tanah liat.

A. Kerajinan Keramik

Kerajinan Tangan Dari Bahan Alam
 Sentral Kerajinan Keramik Bayat

Seni kerajinan keramik adalah kerajinan tangan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang dibuat dengan melalui berbagai proses. Teknik yang digunakan dalam proses pembuatan keramik seperti pijit, butsir, pili, pembakaran dan proses terakhir adalah glatsir sehingga bisa menghasilkan sebuah produk hgias yang indah.

B. Kerajinan Gerabah

Kalau dilihat dari kualitas bahan yang digunakan gerabah sebenarnya hamper sama dengan keramik. Namun sebagian masyarakat mengartikan terpisah antara gerabah dan keramik.

Alasan yang digunakan adalah karena keramik adalah benda pecah belah yang permukaanya halus dan mengkilat seperti porselin biasanya berupa vas bunga, tegel, guci, dan lain - lain. sedangkan gerabah adalah barang yang dibuat hanya menggunakan tanah liat yang biasanya berupa periuk, belang, tempat air dan lainnya.

C. Kerajinan Teko dan Poci

Teko dan poci adalah suatu benda yang digunakan untuk menyeduh teh atau campuran herbal lain dalam air panas. Ciri dari poci biasanya memiliki lubang dan tutup pada bagian atas dan juga gagang pada bagian belakang serta ceret pada bagian depan. Fungsi dari masing - masing bagian adalah bagian atas untuk menuangkan air panas ke dalam teko, bagian gagang untuk pegangan, sedangkan ceret bagian depan untuk mempermudah menuangkan air kedalam gelas.

2. Kerajinan Bahan Lunak dari Serat Alam


Kerajinan Tangan Dari Bahan Alam
Sentral Kerajinan Serat Alam - Kulon progo

Kerajinan tangan serat alam adalah kerajinan yang dibuat dari bahan serat tanaman. Bahan yang digunakan untuk membuat kerajainan ini biasanya berasal dari daun, batang dari tanaman tertentu yang memiliki serat.
Pemilihan bahan harus memperhatikan kualitas dari tanaman itu sendiri agar bisa tahu tingkat kekuatan, kelenturan serta keawetan dari bahan. Berikut adalah bahan - bahan dari alam yang biasanya digunakan untuk membuat kerajinan dan dari serat alam.

3. Kerajinan Bahan Alam dari Kayu


Kerajinan Tangan Dari Bahan Alam
Ukiran Kayu

Indonesia memiliki banyak hutan tropis yang menyimpan berbagai kekayaan alam kayu tersebar di dunia.

Kayu yang dihasilkan juga memiliki beragam jenis seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu ulin, dan masih banyak lagi jenis kayu di Indonesia. Kerajinan dari kayu merupakan kerajinan tangan yang memanfaatkan kayu sebagai bahan utama dalam proses pembuatannya.

Proses pembuatan kerajinan dari kayu memiliki beberapa teknik pengerjaan diantaranya teknik ukir, bubut, dan lainnya, untuk kerajinan dengan teknik ukir biasanya diawali dengan membuat sketsa pada kayu lalu ukirr dengan cara pahat.

Itulah beberapa jenis tentang Kerajinan Tangan dari Bahan Alam. semoga informasi ini dapat bemanfaat dan menambah wawasan untuk anda semua. 


1 Response to "Kerajinan Tangan Dari Bahan Alam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel