Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

contoh surat lamaran kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja - Apa itu surat lamaran kerja ? Bagaimana contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar itu ?  terus bagaimana caranya agar bisa diterima untuk kerja di tempat yang anda inginkan ? Itulah beberapa pertanyaan yang kerap diajukan oleh lulusan baru yang sedang mempersiapkan diri untuk mencoba masuk dalan dunia kerja.

Kondisi era sekarang memang tidak semua dengan harapan banyak orang, karena begitu banyak orang yag memerlukan pekerjaan tetapi lowongan pekerjaan yang tersedia tidak cukup untuk menampung semua Pencaker yang melamar. Sehinga untuk bisa masuk dalam sebuah perusaan harus bersaing dengan ketat. 


Saat ini perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan beberapa tahap seleksi  yang ketat, harapannya tentu untuk memperoleh pekerja yang bisa menjalankan tugas yang diberikan dengan baik. Tahap awal tentu melalui seleksi berkas lamaran kerja.

Oleh karena itu membuat surat lamaran kerja yang baik akan sangat membantu agar bisa lolos dalam tahap seleksi awal, sehingga akan mendapatkan panggilan untuk maju ke dalam seleksi berikutnya. Oleh karena itu pada uraian kali ini akan dibahas berbagai hal tentang contoh surat lamaran kerja, jadi saya sarankan baca dan simak penjelasan uraian berikut ini.

Pengertian dan Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat merupakan salah satu sarana komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi secara tertulis secara tertulis oleh pihak satu ke pihak yang lain. Saat ini fungsi surat sudah banyak tergeser oleh berbagai aplikasi percakapan ( chating) atapun handphone.

Saat ini surat banyak digunakan oleh para pencari kerja yaitu dalam bentuk surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran kerja adalah salah satu jenis surat yang dibuat secara langsung dan ditujukan pada sebuah perusahaan yang menyediakan lowongan kerja tersebut.

Surat lamaran kerja masih tergolong ke dalam surat dinas atau surat resmi. Oleh sebab itu pembuatannya harus mengikuti aturan tertentu yang telah dibakukan. Membuat surat lamaran kerja yang baik merupakan salah satu kunci sukses untuk dapat diterima di sebuah perusahaan yang anda inginkan.

Oleh karena itu penggunaan bahasa baik serta menghindari kesalahan dalam ejaan dan penulisan huruf harus sangat diperhatikan. Selain itu struktur surat juga akan menjadi pertimbangan perusahaan dalam menerima anda. Oleh karena itu buatlah surat dengan singkat, informatif, jelasa dan tepat sasaran. Berikan informasi yang diperlukan oleh perusahaan.


Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

contoh surat lamaran kerja
Ilustrasi - cara membuat surat lamaran Kerja


Umumnya saat ini surat lamaran kerja tidak lagi ditulis menggunakan tangan tetapi lebih banyak menggunakan komputer. Di dalam komputer anda bisa menggunakan berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan seperti aplikasi Microsoft Word yang sangat support untuk membuat dokumen. Berikut adalah beberapa tips dalam membuat surat lamaran kerja menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Pada aplikasi Microsoft Wird anda bisa menggunakan huruf times new roman dengan ukuran huruf 12pt, sedangkan untuk ukuran kertas bisa menggunakan kertas ukuran A4. atau bisa disesuaikan dengan ketentuan syarat khusus dari perusahaan.
Tulislah surat lamran kerja semenarik mungkin agar perusahaan yang membuka lowongan tertarik dan ingin mengetahui diri anda lebih dalam.

Surat harus ditulis dengan  menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD yang berlaku. Gunakan susunan kalimat yang baik, singkat, padat dan mudah dimengerti. Tidak menguasai EYD adna bisa mengeceknya terlebih dahulu di KKBI.
Tulislah skill yang anda miliki sehingga bisa menarik hati perusahaan yang merekrut karyawan.  Selain itu masukan juga prestasi - prestasi yang pernah anda raih,


Hal - hal penting yang mesti anda perhatikan dalam menulis Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja
Ilustrasi - Contoh Surat lamaran Kerja
Terkadang dalam membuat surat lamaran kerja kebanyakan orang melupakan hal kecil. Padahal hal - hal kecil ini sangat berpengaruh pada nasib surat yang telah dibuat. Apakah dibuang ke tempat sampah atau disimpan untuk melanjutkan ada proses selanjutnya. berikut hal - hal kecil yang harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja.

Data Pribadi Pelamar yang meliputi

Nama lengkap
Tempat dan Tanggal Lahir
Alamat
Telepon dan/ ataui HP
E-mail( bila ada, tidak wajib )
Status Perkawinan

Khusus untuk nomor kontak jangan sampai lupa untuk mencantumkan di surat yang adan buat, karena bila perusahaan itu menerima surat yang adan kirim maka anda akan langsung dihubungi lewat nomor anda.


Pendidikan

Tulislah rekam jejak pendidikan yang pernah anda jalani. Baik itu pendidikan secara formal atau pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang dijalani mulai dari sekolah dsar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan juga perguruna tinggi. Sedangkan untuk pendidikan non formal seperti kursus, pelatihan atau hal apaun yang menunjang kemampuan anda.

Pengalaman Kerja

Bila anda pernah bekerja di perusahaan lain maka tulislah pengalaman bekerja anda. Berapa lama anda bekerja, posisi apa saja yang pernah dijabat dan jenis pekerjaan apa saja yang pernah anda lakukan. Tetapi bila anda belum pernah bekerja sebelumnya, anda bisa melewatkan bagian ini.

Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

Lengkapi surat lamaran kerja anda dengan bukti - bukti yang mengukung pernyataan anda di dalam surat tersebut. Fungsi lampiran ini adalah untuk mempertegas surat lamaran untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan atau instansi yang menawarkan pekerjaan. Lampiran tersebut meliputi :

Daftar Riwayat Hidup atau  CV ( Curriculum Vitae ) atau Resume
Foto Copy Ijazah terakhir
Foto Copy Sertifikat kursus/ pelahitan
Pas Foto terbau
Surat keterangan Catatan Kepolisian ( tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
Surat keterangan Kesehatan dari Dokter ( tidak waji, namun bila ada lebih baik)
Itulah beberapa hal pokok yang mesti di perhatian dalam pembuatan Surat Lamaran Pkerjaan yang adan buat.


Contoh Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja
Ilustrasi - Surat Lamaran Kerja
Untuk lebih jelas tentang cara pembuatan surat lamaran kerja mungkin adan bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang ada di bawah ini.



SURAT LAMARAN KERJA


Hal  : Lamaran Kerja
Kepada Yth,
Manager Sumber Daya Manusia
PT. Sentosa Makmur
Jl. Raya Malaber No. 122 
Kab. Ciamis

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan kerja di PT. Sentosa Makmus yang termuat di radar priangan 15 Mater 2017. saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marekting di PT. Sentosa Makmur.

Data singkat saya, seperti berikut ini
Nama                   : ...............................................
Tempat, tgl. lahir  : ................................................
Pendidikan Akhir : ................................................
Alamat                  : ...............................................
Telepon (HP )       : ...............................................
e-mail                   : ...............................................
Status perkawinan : ( single/nikah)

saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar bekang pendidikan saya sangat memuaskna serta memilki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan  komputer. Terutama mengoprasikan aplikasi MS Office, seperti Excel, Word, Acces, Poer point, Out look, juga internet, maupun surat - menyurat dalam bahasa inggris.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy ijazah S-1 dan transkip nilai
Foto Copy sertifikat kepelatihan/kursus
Pas foto terbaru

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktui untuk memberikan kesemptan wawancara,sehingga  saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih artas perhatian Bapak/Ibu.



Hormat saya,




( ............................... )


Itulah contoh surat lamaran kerja yang sederhana, tentu bisa anda sesuaikan sendiri dengan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Untuk memperbesar kemungkinan anda diterima lampirkan CV (Curriculum Vitae) yang menarik. 

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel